Dengan tiga faktor ekstrimnya yang mematikan

Kepadatan penduduk, erosi tanah yang semakin cepat, dan kesenjangan pendapatan yang menonjol memberikan tingkat-tingkat nutrisi rendah yang paling parah di kalangan anak-anak Anehnya, tak banyak yang diketahui tentang adanya obat penyakit diabetes basah nutrisi rendah di banyak negara kaya di banding dengan di banyak negara miskin. Di Negara-negara kaya, pendapatan yang pada umumnya tinggi diiringi dengan program-program kesejahteraan sosial yang kurang Iebih memadai banyak mencegah kesalahan nutrisi protein-kalori (protein-calorie malnutrition) yang justru merajalela di negara-negara sedang berkembang. Tapi bahkan di negara yang se kaya Amerika Serikat sekalipun, jutaan orang hidup dalam keadaan yang sangat kekurangan dan adajuga yang hidup di luar lingkaran utama dari kehidupan nasional sehingga program-program bantuan pemerintah tak pernah mencapai mereka.

imageBlog

Laporan-laporan yang tersedia mengenai keadaan nutrisi Amerika tetap tak menjawab suatu pertanyaan dasar: beberapa banyak orang kekurangan makan? Sejumlah penyelidikan dewasa ini menunjukkan bahwa kekurangan-kekurangan vitamin dan mineral yang tak begitu berarti ditemukan di antara penduduk keseluruhannya akan tetapi penelitian-penelitian yang diadakan sdlama dasawarsa terakhir telah membuktikan bahwa nutrisi rendah yang serius juga melanda penduduk miskin Amerika, terutama suku bangsa Indian yang tinggal di daerah-daerah pemukiman, para pekerja migran, orang miskin di pedesaan, dan orang-orang jompo. Kesan-kesan perjalanan pira pemimpin politik nasional ke wilayah-wilayah yang sangat miskin di penghujung tahun 1960-an membuat seluruh orang Amerika menyaksikan pandangan kosong serta pertumbuhan tubuh yang menyedihkan yang merupakan warisan lazim dari penduduk ydng kekurangan pangan di mana-mana.

Penerbitan selanjutnya segera merangsang disusunnya program-program baru yang dimaksudkan untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan pangan dasar dari penduduk miskin. Tapi, jelas bahwa di negara di mana obesitas (kegemukan) merupakan penyakit nutrisi yang penting, ketidakadilan ekonomi dan keterbelakangan pengetahuan tentang nutrisi bisa memastikan adanya korban di bidang nutrisi. Kematian yang jelas disebabkan oleh konsumsi rendah bukannya tak lazim. Akan tetapi pengaruh-pengaruh yang jauh lebih luas dan lebih parah dari kekurangan nutrisi terhadap kesejahteraan manusia demikianlah halnya. Dikemukakan secara sederhana, menu yang tak memadai akan meningkatkan frekuensi dan mengintensifkan pengaruh dari banyak masalah kesehatan lainnya.