Pencegahan Penolakan Pencangkokan

MENYESUAIKAN JARINGAN

Dengan dasar pengalaman pencocokan darah untuk transfusi dan transplantasi antartikus-tikus yang mempunyai spesifisitas sama dapat diharapkan bahwa kemungkinan penolakan pada manusia akan dapat dikurangi dengan me.rcocokka’Jo.ro, dan resipien pada lokus HL-A. Tentu saja pada pencangkokan ginjal manusia, data berdasarkan penenruan tipe spesifisiias HLA-A dan -B menunjukkan bahwa pasangan yang lebih cocok, menghasilka yang lebih tahan lama. Ini terurama untuk pasangan saudara kembar (Gambar 8.11) tetapi akan merupakan anggapan yang salah bila dikatakan bahwa kecocokan panuh antara lokus A dan B berarti semuanya cocok, sebab pencangkokan antara individu yang tidak bersaudara yang memenuhi syarar itu menunjukkan kurang berhasil dibandingkan dengan hasil dari saudara kembar.

transconSekarang diketahui bahwa saudara kembar yangcocok mempunyai haplotipe-haplotipe yangsama (Gambar 8.7) dankarena identik pada keempat lokus, dan seandainya kemudian kita mengingat kembali bahwa pembinaan penolong-penolong-T untuk sitotoksisitas (dan antibodi? sebagian besar tergantung pada perbedan lokus D determinan pengattif limfosit (hal.257), tampaknya seperti antigen-antigen D yang cocok itu akan merupakan faktor urama dalam meningkatkan daya hidup cangkokan.

Karena adanya beribu-ribu kemungkinan perbedaan fenotipe HLA (Gambar 8.7), biasanya dikerjakan Pemeriksaan dengan sekumpulan besar resipien di dunia sehingga bahan cangkokan yang paling cocok dapat disediakan. Ini dapat ditingkatkan bila penyimpanan organ-organ dapat diperbaiki dengan mengembang: kan bank-bank penyimpanan jaringan yang tahan lama; tetapi cara yang ada belum cukup baik untuk saat sekarang kecuali dalam hal sel-sel sumsum tulang yang dapat disimpan lama setelah Proses pembekuan dan pencairan. Untuk organ-organ yang berpasangan seperti ginjal dapat digunakan donor hidup; saudara kembar merupakan pasangan paling cocok (bandingkan dengan Gambq 8.7). Meskipun penggunaan donor hidup menimbulkan masalah etik dan tujuan seharusnya adalah penggunaan bahan-bahan cadaver (berasal dari mayat) atau sebagai pilihan lain – organ binatang atau mekanik?

IMUNOSUPRESIF UMUM

Penolakan cangkokan dapat dihindarkan dengan Penggunaan bahan-bahan yang secara tidak spesifik mempengaruhi rangsangan atau pemunculan reaksi imun. Karena bahan-bahan ini tidak spesifik, penderita-penderita yang mendapatkan pengobatan imunozupresif biaanya peka terhadap infeksi; mereka jugalebih mudah terserang kanker.