Pengobatan atas komplikasi akibat pengguguran ilegal menyita lebih dari 60 % di bidang kebidanan dan ginekologi

Pengobatan atas komplikasi akibat pengguguran ilegal menyita lebih dari 60 % di bidang kebidanan dan ginekologi

Duapuluh-empat persen dari kematian di ElSalvador Maternity Hospital diakibatkan oleh pengguguran yang ilegal. Selama tahun 1960-an, separoh dari kematian kaum wanita di Santiago, Chili, bersumber dari pengguguran yang ilegal. Suatu studi tahun 1964 di Cali, Colombia, merupakan bahwa komplikasi pengguguran merupakan penyebab utama dari kematian di kalangan kaum wanita antara umur limabelas hingga tigapuluh lima tahun. Di California pada tahun 1960-an, sebelum pengguguran disahkan oleh undang-undang, komplikasi yang bermula karena pengguguran ilegal mencakup satu dari lima kematian wanita di negara bagian itu, dan umumnya menimpa kaum wanita yang berpendapatan rendah.

obatDi negara di mana pengguguran tidak legal, kaum wanita membayar dengan jiwanya. Pada tahun 1966, setelah sepuluh tahun disahkannya undang-undang pengguguran, Romania mengambil langkah keras buat membalikkan kebijaksanaannya dan sangat membatasi kemungkinan pengguguran. Sebagaimana diharapkan oleh pemerintah, tingkat kelahiran melonjak – tapi demikian jumlah kematian wanita yang berkaitan dengan pengguguran ilegal. Walaupun jumlah keseluruhan dari pengguguran yang dilakukan di Romania jelas mengalami penurunan antara tahun 1964 hingga 1972, jumlah kematian wanita akibat komplikasi setelah melahirkan meniirgkat lebih tiga kali lipat, yakni dari delapanpuluh-tiga menjadi 370. Tak banyak orang yang memandang pengguguran sebagai suatu cara yang ideal untuk mengatasi kesuburan. Peningkatan pendidikan seks dan penyediaan alat-alat kontraseptif bagi semua orang, tanpa harus terhalang karena kemampuan ekonomis, adalah suatu pilihan untuk mengurangi jumlah kelahirn yang tak dikehendaki.

Namun, meskipun di negara-negara yang menyediakan layanan demikian, kehamilan yang tak dikehendaki masih juga terjadi. Baik cara-cara kontraseptif yang ada maupun kesiagaan manusia sama-sama tak bisa iliharapkan sepenuhnya. Pengguguran akan tetap terjadi, bagaimanapun bunyi undangundang yang ada tentangnya. Jadi masalah yang tak mungkin di hindarkan ialah apakah. kehidupan ” wanita harus dihentikan dengan undang-undang yang tidak realistis. Bahaya-bahaya yang dikaitkan dengan kurangnya perencanaan keluarga sudah cukup banyak terbukti, akan tetapi resiko-resiko apakah yang bisa ditimbulkan oleh alat-alat kontraseptif itu tdrhadap kesehatan? Dari semua metode kontraseptif, pil anti-hamil telah menimbulkan pertentangan pendapat yang paling hangat.