Perlunya ketenteraman jiwa sehubungan dengan keampuhan yang nyaris menyeluruh dari penggunaan pil

Perlunya ketenteraman jiwa sehubungan dengan keampuhan yang nyaris menyeluruh dari penggunaan pil

120317_pilkbtsPenghargaan akan gampangnya penggunaan pil atau IUD dibanding dengan diafragma atau kondom, atau ketak-sediaan melahirkan anakdari kehamilan yang tak dikehendaki telah membuat sejumlah kaum wanita memilih pil atau IUD. Sebaliknya, sejumlah wanita lainnya menolak pil tersebut karena adanya akibat-akibat sampingan pada tubuh mereka, yang tidak tercermin dalam angka-angka mortalitas. Kaum wanita lainnya lagi merasa bahwa ketak-tentuan mengenai ada-tidaknya akibat-akibat jangka panjang dari penggunaan pil terhadap kesehatan sudah merupakan obat untuk penyakit diabetes melitus alasan yang menyakinkan untuk tidak menggunakannya. Hanya jika kaum wanita sudah mendekati umur empatpuluh tahun, mereka sebaiknya jangan lagi menggunakan pil untuk mencegah kehamilan berdasarkan pertimbangan dari sekian penemuan kedokteran.

Korelasi antara penggunaan pil di negara-negara maju dengan semakin tingginya resiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung serta penghambatan pada pembuluh darah menunjukkan bahwa kaum wanita yang dalam umur mana saja sangat peka dalam berhadapan dengan penyakit seperti ini – mereka yang perokok atau yang tingkat kolesterolnya tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes – juga harus memperhitungkan cara-cara yang lain dari penggunaan pil. Kebiasaan merokok dan penggunaan pi1 secara dramatis memperbesar resiko penyakit jantung. Dan, sesungguhnya, wanita yang merokok merupakan korban terbesar dari kematian kardiovaskular yang ada kaitannya dengan pil.

Bagi para wanita perokok, penggunaan pil bahkan sebelum usia empatpuluh sekalipun mungkin akan lebih berbahaya dibanding dengan kalau ia beranak; bagi mereka yang tidak merokok, penggunaan rokok setelah umur empatpuluh boleh jadi lebih terjamin dibanding dengan punya anak. Oleh karena pil bisa dikaitkan dengan penyebab tumor pada hati yang tidak membahayakan, dokterdokter kini menganjurkan agar kaum wanita yang hatinya tidak sehat jangan menggunakan pil. Pemandulan semakin populer di seluruh dunia di antara orang-orang yang tak ingin punya anak atau tak lagi ingin punya anak. Operasi pemandulan yang cukup terjamin bagi pria maupun wanita akan mampu sepenuhnya menenangkan hati orang-orang dewasa dalam hal kontrasepsi. Dari tiap seratusribu wanita yang berusia empatpuluh tahun di negara-negara maju yang mengalami operasi tabung peranakan, limabelas hingga tigapuluh atau kurang dari 0,03 persen, meninggal akibat operasi tersebut, dan cara-cara operasi yang semakin baik kini semakin memperkecil resiko itu.