Keadaan Telur Tetas Yang Bagus Untuk Ditetaskan

Keadaan Telur Tetas Yang Bagus Untuk Ditetaskan

keadaan telur tetasKeadaan Telur Tetas – Membicarakan keadaan telur tetas berarti membicarakan mengenai penampakan luar dari telur, baik menyangkut kebersihan, bentuk, ukuran, maupun umurnya. Di bawah ini ada beberapa hal mengenai keadaan telur tetas.

  1. Bentuk telur tetas
    Telur tetas yang normal berbentuk bulat telur (oval). Telur yang berbentuk terlalu bulat atau terlalu lonjong merupakan telur yang abnormal. Telur abnormal ini dapat mengakibatkan posisi embrio menjadi abnormal dan banyak telur yang tidak menetas.

Bentuk-bentuk telur.

a) terlalu bulat
b) oval
c) terlalu lonjong

  1. Bobot telur tetas
    Bobot telur tetas yang baik untuk ayam ras adalah 55-60 g dan ayam kampung 45-50 g. Bobot telur tetas yang seragam akan menghasilkan anak ayam yang seragam. Sebaliknya kalau bobot telur tidak seragam (beragam), telur-telur tetas tersebut akan tidak serempak menetas.
  1. Besar telur tetas
    Besar telur tetas sebaiknya seragam. Besar telur tetas yang baik sebaiknya memiliki indeks telur sekitar 74%. Angka ini diperoleh dari pembagian antara lebar dengan panjang telur dan dikalikan de­ngan 100%. Telur yang terlalu besar menyebabkan kantung udara relatif terlalu kecil untuk umur embrio. Akibatnya telur akan lama atau terlambat menetas. Sebaliknya kalau telur terlalu kecil, kantung udaranya akan terlalu besar sehingga telur akan terlalu cepat (dini) menetas.
  1. Umur telur tetas
    Telur tetas yang baik untuk ditetaskan harus yang masih segar, sebaiknya berumur kurang dari 7 hari. Telur yang terlalu lama disimpan dapat mengakibatkan terjadinya kematian embrio pada hari ke-2 hingga ke-4. Bila terjadi perkembangan pun telur tidak sempurna karena tidak dalam lingkungan yang sesuai. Sebaiknya telur tetas yang digunakan umurnya seragam. Bila umur telur tetas terlalu beragam, telur tidak akan serempak menetas.
  1. Kebersihan telur tetas
    Telur-telur yang akan ditetaskan hendaknya dalam keadaan bersih. Telur yang kotor dan terkontaminasi bakteri dapat menga­kibatkan telur membusuk dan meledak di dalam mesin tetas. Keber­sihan telur ini dapat dilihat dari keadaan bagian luar kerabang telur.

Baca juga artikel penting lainnya dalam menetaskan telur :
Cara Mengatur Suhu Menetasakan Telur Yang Benar
Mengatur Kelembaban Ruang Penetasan Telur Ayam
Cara Benar Penanganan Telur Tetas